Kamis, 15 Agustus 2013

MENULIS YUK

Sebenarnya menulis adalah pekerjaan yang mengasyikkan. Orang yang mengatakan bahwa menulis merupakan kegiatan sulit, karena ia belum berani mencobanya. Padahal dengan menulis setiap orang bisa berbagi pengetahuan dan juga sekaligus menggali potensi diri lebih dalam lagi. Karena pada waktu menulis tanpa di sadari kita akan mengeplorasi pengetahuan dan potensi yang sudah ada di dalam diri.

Banyak yang  mengatakan bahwa untuk menulis susah sekali terutama pada awal-awalnya, ya memang benar, dan siapapunpun sering mengalami hal itu. Yang terjadi adalah sebelum menulis kita sudah dibebani oleh Membuat Tulisan Yang Baik Dan Benar. Fokus kemudian berubah dari berbagi menjadi ingin memberi, dan mulai mempermasalahkan tehnik menulis mulalui tata bahasa, gaya menulis,  plot tulisan dan lain sebagainya. sehingga bahasa menjadi tersendat-sendat dan sering kali buntu. Yang benar adalah tidak memikirkan untuk menghasil tulisan baik dan benar, tuliskan saja apa yang di rasa. Jika rasa dalam menulis baik dan benar maka tulisan dengan sendirinya menjadi tulisan baik dan benar.





Jangan takut menuangkan kata atau ide Anda saat menulis. Di awal saya sudah mencontohkan ilustrasi cerpen BOTOL KUBUR, dan itu adalah contoh bagaimana seorang penulis tak sungkan dan tak ragu mengalirkan kata-kata pilihannya. Seringkali penulis terlampau ketat memikirkan kata-kata yang hendak ditulisnya, dan ini lebih sering berakibat fatal karena pada akhirnya tulisannya tidak mengalir.


Untuk sebuah karya tulis yang hendak dipublikasikan, memang dibutuhkan karya tulis yang baik dan orisinil. Namun Anda, terutama para pemula, akan sulit sampai pada sebuah karya tulis yang utuh apabila pada permulaan menulis sudah terbelenggu oleh tetek-bengek untuk menghasilkan tulisan yang artistik. Bagi pemula, ada baiknya Anda tulis dulu keseluruhan ide Anda hingga utuh. Setelah bangunan tulisan utuh, barulah ada mudah melakukan editing sebagai sebuah usaha agar tulisan Anda benar-benar menjadi tulisan yang baik.

Selanjutnya adalah mempublikasikan tulisan. Seringkali sebelum tulisan itu selesai dibuat kita sudah memikirkan media untuk mempublikasikan tulisan kita, dan lagi-lagi kita akan terjebak oleh beban yang sudah  disebutkan diatas. Anda kembali terjebak memikirkan gaya penulisan, tata bahasa dan lain sebagainya itu. Menulis dulu, dan selesaikan menjadi sebuah tulisan yang jujur, yang tidak mengada-ada. Tulisan yang datangnya dari hati. Kemudian baru memikirkan mau di publikasikan di mana, jika ingin di publikasikan di media formal maka silahkan mengirimkannya melalui post atau email ke redaksi media bersangkutan.  Bisa juga mempubliaksiakn di media-media alternatif yang Anda rasa cocok dan sesuai dengan tema tulisan Anda.

Ayo kita menulis. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar: